Monday, June 27, 2016

About a Film: PK (2014)

Which God should I believe?
(P.K.)


Director: Rajkumar Hirani
Screeenwriter: Rajkumar Hirani, Abhijat Joshi
Stars: Aamir Khan, Anushka Sharma, Saurabh Shukla, Sanjay Dutt
Origin: India
Running time: 153 minutes
Synopsis: A stranger from outer space came to earth to question about God

Bukan Penjahat Kelamin yak, film ini jauh dari itu. Peekay disini artinya mabuk. Film ini agaknya membuka jalan yang sudah diperlebar sebelumnya oleh Three Idiots. Dengan lagi-lagi menampilkan Aamir Khan sebagai pemeran utama dan aku pun sudah memperingatkan diriku sendiri kalau film ini pastinya akan jadi film yang menyedihkan.
Where is God?
Awal dari film ini dimulai dengan kedatangan P.K. yang diperankan oleh Aamir Khan dan he's completely naked in here, yah di beberapa adegan awal sih, haha. Film ini agak mengingatkanku dengan film Koi Mil Gaya yang punya ide cerita yang lumayan mirip. Makhluk extraterrestial yang datang ke bumi dan makhluk tersebut bertemu dengan manusia yang akhirnya membantunya tinggal di bumi. Tapi, film P.K. ini memberikan isu yang cukup berat karena film ini bukan sekedar film tentang boy meets girl. Ada problem yang lebih kuat daripada itu, yakni masalah hubungan India dan Pakistan yang di film ini digambarkan cukup renggang (idk for the real life) dan juga soal perbedaan agama. Isu ini nantinya yang akan dianulir oleh P.K. Kupikir film ini mau memberikan konsep kalo cinta itu universal, tidak mengenal perbedaan and whatsoever.
Love story is a must
Film ini punya unsur komedi, drama, sci-fi, satire, pokoknya campur-campur dah. Aku sih senang menonton film ini karena konflik yang ditunjukkan bagus dan cinematografi film ini bagus. Pertama kalinya aku melihat India di sisi lain di film ini karena film ini mau menampilkan ugly truth yang ada. Belum lagi, Aamir Khan ikut join di film ini dan aktingnya yang sudah tidak diragukan lagi kredibilitasnya. Innocently, dia memerankan P.K. yang mempertanyakan soal Tuhan. Film ini sebenarnya bukan film yang ringan, tapi sutradaranya dengan mudahnya membuat film ini seringan mungkin, tanpa membuatku pusing untuk memahami tentang film ini.
P.K versus Tapaswi
Anushka Sharma yang menjadi lawan mainnya Aamir Khan disini juga memberikan performa yang baik. Dan juga ada Sanjay Dutt disini dan untungnya disini, karakternya bearable. Rasanya seperti nonton Nicholas Cage di Face Off, jadi okelah. Aku seneng-seneng aja nontonnya. Lagu dan tarian masih jadi elemen terpenting dari film India, termasuk di film ini. Intinya sih, aku merekomendasikan untuk siapapun yang belum nonton film ini, buat nonton film ini. Plus point, ada Aamir Khan di film ini, haha. Aku bingung dah berapa umur Aamir Khan waktu main film ini karena dia masih terlihat muda. Sama seperti beberapa tahun lalu, ketika aku liat dia di Mann.

(enjoy the journey)

Credits:
Movieclips Film Festival and Indie Films @ youtube for the trailer

No comments:

Post a Comment