Friday, July 1, 2016

About a Film: Amsal/ Assasination (2015)

Long live Korea!


Director: Choi Dong-Hoon
Screenwriter: Choi Dong-Hoon and Lee Gi-Cheol
Stars: Gianna Jun, Lee Jung-Jae, and Ha Jung-Woo
Origin: Korea
Running time: 140 minutes
Synopsis: An assasination plot to glorify Korean resistance

Sure, she's a badass sniper in here
Kill or be killed
Menarik sekali, film Korea akhir-akhir ini tidak hanya tears and love and romance, tapi banyak film yang mulai mengeskplorasi jaman-jaman periodikal, seperti halnya film yang satu ini. Assasination merupakan film Korea yang digadang-gadang sebagai salah satu film paling laris di tahun 2015 yang memenangkan beberapa penghargaan di Korea dan melakukan premiere di beberapa film festival. Disutradarai oleh Choi Dong-Hoon yang sudah memiliki track record dengan menghasilkan The Thieves, Woochi, dan Tazza, film ini biasa dibilang film yang tidak main-main. Personally, film ini mengingatkanku dengan film-film konspirasi politik yang dekat dengan film produksi Cina. Well, apart with keterkaitan hubungan politik Korea dan Jepang yang ada di film ini, film ini malahan mengingatkanku dengan kota Shanghai jaman dulu. 
Having the time of their lives
Melihat beberapa nama besar yang ada di film seperti Gianna Jun, Lee Jung Jae, Ha-Jung Woo, Lee Kyoung-Young, film ini sayang sekali untuk dilewatkan. Oiya, ini juga kedua kalinya aku melihat duet antara Gianna Jun dan Ha-Jung Woo di satu film, mereka sepertinya menjadi sudah menjadi 'muse' dari beberapa sutradara dan pastinya powerful chemistry yang mereka tunjukkan di film ini juga sama kuatnya dengan di The Berlin File, film yang sebelumnya aku tonton. Satu hal yang menarik di film ini, Gianna Jun tidak hanya berperan sebagai satu karakter, tetapi dua karakter dan aku ngga tau apa ini sedikit biased atau tidak, tapi performa akting Gianna Jun semakin bagus dibanding pertama kalinya aku melihat dia di Windstruck. Tiga nama lainnya, Lee Jung Jae, Ha-Jung Woo, Lee Kyoung-Young juga bukan nama yang asing di dunia film thriller dan masing-masingnya punya torehan sejarah yang cukup baik. Dan nama-nama lainnya seperti Oh Dal-su, Cho Jin-Woong, Cho Seung-Woo juga tidak seharusnya terlewatkan untuk disebutkan. Sebenarnya sih, hampir semua nama di film ini punya track record yang bagus dan rasanya hampir tidak adil untuk tidak menyebutkan mereka semua berhubung pemain di film ini hampir seperti dream team, every cast is perfect.
Let's meet again
Untuk plot film ini, secara sederhana, aku bisa bilang kalau film ini tentang pembunuhan berencana. Tapi, tidak sedangkal itu, banyaknya pihak yang tergabung dalam pembunuhan berencana ini membuat film ini penuh dengan konspirasi yang rumit. Agaknya film ini seperti Valkyrie dan Inglourious Basterds yang dicampur dengan Infernal Affairs, bukan film dengan tema yang baru. Tapi, dengan Korea sebagai pemain utama dari film ini, tentunya ada perspektif yang terbaru yang bisa dilihat dari film ini. Sisi lain yang bisa dilihat dari dunia politik di Korea yang dipengaruhi oleh kependudukan Jepang. I don't want to spill the bean about the story, but I think plot yang barusan yang kusebut sudah menunjukkan cerita seperti apa dalam Assasination ini. Lebih jauh lagi, film yang berdurasi selama 2 jam ini lebih, benar-benar berhasil membuatku untuk tetap menonton tanpa adanya rasa bosan. Film ini entertaining walaupun perlu waktu yang lama untuk menontonnya. Well done, certainly recommended to watch.

(take a sip of the trailer!)

Credits:
Movieclips Film Festival & Indie Films @ youtube for the trailer

No comments:

Post a Comment