Monday, June 27, 2016

About a Film: The Texas Chain Saw Massacre (1974)

Oh please. Please
(Sally)


Director: Tobe Cooper
Screenwriter: Tobe Cooper and Kim Henkel
Stars: Marilyn Burns, Allen Danziger, Paul A. Partain
Origin: USA
Running time: 83 minutes
Synopsis: Five teenager meet an unfornate destiny

Classic! Film yang dibuat oleh Tobe Cooper ini adalah film yang membuka Texas Chain Saw Massacre di Hollywood, sebuah horror flick yang katanya berdasarkan dari kejadian nyata yakni pembunuhan berantai yang dilakukan oleh Ed Gein. Selebihnya, film ini juga menyatakan kalau karakter dari Leatherface yang ada di film ini adalah karakter yang nyata dengan menampilkan adegan pembuka kalau kejadian nyata dari film ini berlangsung pada tahun 1973. Ini agak sedikit mengejutkan karena film ini hanya punya waktu setahun untuk 'dilahirkan' di dalam deretan film horor Hollywood. But, anyway, film ini benar-benar creepy menurutku.
Oh, you guys just didn't know
Berawal dari sebuah penemuan mayat yang dipajang di kuburan, film ini membuka cerita dengan premise kalau film ini akan menuju ke arah sebuah kasus yang belum terpecah. Lalu, akhirnya aku dikenalkan dengan lima remaja yang nantinya akan menjadi pembuka cerita film ini. Lima remaja ini adalah Sally, Jerry, Franklin, Kirk, and Pam. Perjalanan mereka biasa-biasa saja sampai akhirnya mereka bertemu dengan seseorang yang menumpang mobil mereka.Orang tersebut kelihatan normal sampai akhirnya dia melakukan sesuatu yang membuat mereka berlima terkejut dan kaget. Setelah kegilaan yang ditawarkan di film ini sedikit demi sedikit menanjak naik dan mereka akhirnya bertemu dengan penentu nasib terakhir mereka.
Franklin told you, Sally
Now, you see it with your own eyes
Karakter Franklin yang menjadi pembuka film ini. Dia yang menyadari bahwa ada sesuatu yang aneh sedang terjadi di sekitar mereka, tapi sikapnya yang menyebalkan membuat semua orang tidak begitu mendengarkan perkataannya. Bahkan Sally, saudara perempuannya juga tidak begitu menanggapi kekhawatiran Franklin sampai akhirnya Sally bertemu dengan Leatherface. Yang membuat film ini menyeramkan adalah adegannya yang terlihat begitu natural. Kirk yang pertama kali bertemu dengan Leatherface tanpa babibu langsung berakhir di tangan Leatherface dengan cara yang cukup mengenaskan. Belum lagi, setting dari film ini yang katanya menggunakan properti tulang yang asli, membuat film ini cukup menegangkan untuk ditonton. Film ini benar-benar a journey to madness. Tidak hanya karakter villain yang ditampilkan sebagai orang-orang gila di film ini, tapi karakter protagonistnya juga diubah menjadi gila. Hal inilah yang membuat film ini menjadi keliatan sangat disturbing dimana Cooper mencoba merefleksikan kegilaan senyata mungkin. Buatku, film ini memang a truly gem of horror movie dan ending film ini sangat....kocak. Mungkin di zamannya, ending film ini bisa dibilang cukup intense walaupun buatku, ini malah bikin ketawa. Mungkin aku-nya aja yang punya reflek aneh liat endingnya karena kalau diliat-liat sih, endingnya sepertinya dan harusnya memberikan efek disturbing.

(the leatherface prop's is awesome tbh)

Credits:
horrornymphs @ youtube for the trailer

No comments:

Post a Comment